Bagaimana cara mengadakan pelatihan software sekolah ?

Program pelatihan dan pengembangan kualitas guru sangatlah penting peranannya dalam sekolah, tidak peduli seberapa tinggi posisinya, berapapun usianya. Semua stakeholder sekolah wajib selalu mengembangkan dirinya untuk mengikuti kemajuan zaman.

Tanpa sumber daya manusia tersebut, visi dan misi organisasi tidak akan dapat dicapai. Selain itu, untuk bisa tetap memberikan layanan terbaik, meningkatkan kualitas pengajar dan tenaga kependidikan maka sekolah sebagai institusi pendidikan juga membutuhkan PTK yang kompeten dan profesional.

Di sini, peranan manajemen sangat krusial dimana mereka bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan dan pengembangan bagi guru dan karyawan.

Pelatihan guru dan karyawan  sebagai pengembangan SDM sudah sering terdengar di lingkup organisasi atau instansi. Program ini tidak hanya diadakan oleh pelaku bisnis, tetapi juga hampir semua kalangan termasuk lembaga pendidikan. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan sumber daya manusia yang baik dan tepat sehingga mampu membawa institusinya kepada kesuksesan.

Software Sekolah yang baik bukan hanya terletak pada software dan layanan yang diberikan pihak ketiga, namun juga tergantung dari stakeholder di sekolah yang menjalankannya / mengoperasionalkan setiap hari. Tanpa mereka, software sekolah terbaik sekalipun, misalnya Pastibos, tidak akan berpengaruh apapun terhadap manajemen sekolah.

Persiapan untuk mengadakan pelatihan Software Sekolah – Manajemen Sekolah Berbasis IT

1. Tujuan Pelatihan

Jajaran Manajemen Sekolah, seperti kepala sekolah dan para wakilnya harus mendefinisikan tujuan mengadakan pelatihan. Sekolah yang berbudaya IT dimulai dari mindset manajemen, guru dan karyawan dahulu. Untuk itulah sekolah mengadakan pelatihan manajemen sekolah yang berbasis IT.

2. Siapkan Infrastruktur IT yang baik

Infrastruktur IT yang baik adalah yang selalu mengikuti kebutuhan (bukan keinginan). Siapkan koneksi internet yang baik dan stabil. Siapkan komputer sebagai alat bantu sehari-hari. Siapkan juga titik sambungan Access Point (WiFi) agar guru dan siswa dapat memanfaatkan internet kapanpun di lingkungan sekolah.

3. Pilih Software Sekolah Terbaik

Untuk mewujudkan lingkungan sekolah berbudaya IT, selanjutnya dari manajemen pengelolaan sekolah. Pemilihan Pastibos sebagai software untuk melakukan komputerisasi manajemen di sekolah adalah langkah tepat. Karena Pastibos sebagai software sekolah menyediakan modul / fitur yang lengkap.

 

Sekolah dapat selalu berkomunikasi dengan kami agar stakeholder sekolah secara simultan (pararel) dapat memulai menjalankan manajemen sekolah berbasis IT. Tanpa kemauan yang kuat untuk mewujudkan, maka tidak akan terwujud.

sagung has written 10 articles

IT Enthusiast, inspiring quote is "Every man dies, but not every man realy live"

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.