Data sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sekolah

Analisis data (data analytic) kini menjadi salah satu tren era digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai institusi telah menggunakan sistem yang memanfaatkan data sekolah untuk mengelola aktivitas. Software berkualitas menghadirkan solusi manajemen data untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

 

Manfaat Analisis Data untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Sistem software sekolah merekam berbagai data terkait siswa, guru, kegiatan, sarana, keuangan, dan administrasi. Semua hal ini membentuk basis data (database) yang menjadi panduan analisis untuk menciptakan strategi atau mengambil keputusan. Beberapa contoh manfaat dari penggunaan data ini antara lain:

 

  • Menentukan kemajuan individual

Sistem pencatatan lama biasanya kurang efektif dalam menganalisis kemajuan individual siswa, terutama karena perhatian guru harus dibagi ke semua murid di dalam kelas. Dengan pencatatan data siswa (termasuk prestasi dan tren nilai), guru bisa melihat kemajuan atau hambatan yang dialami setiap individu, dan menentukan langkah terbaik untuk mengatasinya.

 

  • Melibatkan orang tua dalam proses pendidikan

Kerja sama antara orang tua dan guru dapat membantu siswa untuk belajar lebih efektif. Dengan menggunakan data, pihak sekolah dapat memberi rekomendasi efektif pada setiap orang tua untuk mendukung kinerja siswa.

 

  • Mengelola materi pelajaran dengan lebih baik

Software manajemen sekolah mampu menyimpan data kurikulum secara rapi, serta memberi rekomendasi bagi guru untuk menciptakan materi pelajaran yang efektif. Guru bisa membuat materi yang tetap mengikuti kurikulum, namun cocok untuk karakteristik siswa di setiap kelas.

 

  • Memudahkan perencanaan pengadaan sarana

Menyediakan dan memelihara sarana pendidikan sangat penting untuk menjaga kualitas sekolah, jadi bayangkan kesulitan jika guru dan staf harus mendata semua sarana sekolah secara manual. Dengan sistem di dalam software manajemen, staf sekolah bisa melacak data sarana yang sudah ada, dan membantu menentukan rencana belanja.

 

Ketika sebuah sekolah memutuskan mengadopsi sistem digital dengan data analytic, sekolah tersebut harus siap mengedukasi guru dan staf tentang analisis data, misalnya lewat seminar atau pelatihan. Dengan wawasan soal analisis data sekolah, guru dan staf dapat memanfaatkan software serta data untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

sagung has written 8 articles

Leave a Reply